Sabtu, 15 Mei 2010

Setting Jaringan Pada Windows 7

Tidak jauh beda seperti pada windows versi yang sebelumnya. Windows 7 yang kata orang adalah penyempurnaan dari Windows Vista mungkin memiliki banyak kelebihan namun terkadang karena terlalu banyak hal yang ditampilkan sehingga membuat kita bingung. Cukup mudah untuk melakukan setting jaringan pada Windows 7. Secara deafult Icon Network akan tampil pada pojok kanan bawah dengan Icon seperti monitor kecil.

Klik pada icon terebut kemudian pilih pada Open Network and Sharing Center. kemudian window baru pun akan Muncul. Lalu pilih pada bagian Kanan menu change adapter setting.

Setelah itu akan muncul tampilan berupa pilihan dari beberapa koneksi yang kita miliki biasanya akan muncul “local area connection” Klik kanan pada ICON yang ada dan setelah itu pilih menu “propertis” maka akan muncul tampilan yang menyatakan service network yang di jalankan oleh windows.

Kita menggunakan konfigurasi standar yang biasa ada pada Local Network adalah IPv4, jika kita lihat mungkin kita melihat ada IPv6. secara umum windows Vista dan Win 7 telah mendukung adanya IPv6, apa kah IPv6 nanti akan kita bahas pada Bab tenang Internet Protokol dan pengalamatannya. Secara umum IPv6 sendiri belum begitu perlu kita gunakan karena IPv4 telah cukup untuk mendukung pengalamatan jaringan local. Kare fungsi utama dari IPv4 adalah melakukan pengalamatan pada jaringan sehingga akan mempermudah komunikasi antar komputer dan memperkecil kemungkinan untuk kesalahan pengiriman paket data.

Jika telah muncul tampilan seperti disamping maka kita siap melakukan konfigurasi untuk IP yang akan kita gunakan dalam komputer kita. Ada beberapa hal yang harus kita pahami sebelum kita mengisikan kolom-kolom tersebut.

1. IP Adress : merupakan Fungsi utama yang akan berperan dalam sebuah sistem jaringan dimana IP berfungsi layaknya alamat rumah yang akan mempermudah komputerlain untuk menemukan kita.

2. Subnet Mask : secara umum fungsi ini mememiliki fungsi group pengguna. jika kita misalkan subnet mask adalah sekolompok IP yang boleh saling berkomunikasi dan diluar groub tersebut tidak boleh masuk tanpa ada izin.

3. Getway : merupakan rujukan untama dalam hal ini jika kita menginnginkan komputer yang kita gunakan terhubung dengan jaringan internet maka perlu adanya pintu masuk dan pintu keluar pada jalur data terserbut dan disinilah Getway mengambil peran dengan kata lain Getway adalah sebuah lokal server untuk terhubung pada jalur internet.

4. DNS : bersal dari kata Dinamic Name Services, yang berfungsi menerjemahkan alamat dari alamat yang berupa huruf (Domain) kepada alamat yang berupa Angka atau IP. Sekali lagi bahwa DNS akan berfungsi jika anda akan terhubung kepada sebuah jalur internet. Sebagai Contoh anda membuka sebuah situs www.google.com maka DNS akan mengambil peran untuk menerjemahkan Nama google kepada IP yang sebenarnya.

Comments :

0 komentar to “Setting Jaringan Pada Windows 7”


Posting Komentar

Video


Mau punya buku tamu seperti ini?
Klik di sini (Info Blog)
 
Friends Link
Chat

Most Popular Article

Friends Link
Chat Klik Disini
Artikel Terbaru